MotivasiKu

Ayo Belajar Demi Masa Depan Cemerlang

Wanna Translate ??

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 29 Oktober 2012


Untuk pengetahuan aja, aku mau kasitau kalo komputer punya banyak topologi lhoo… Untuk pendahuluannya, tau gak apa itu topologi jaringan ? Menurut aku, topologi jaringan itu adalah cara pengaturan hubungan antarkomputer dalam jaringan komputer. Nah, kalian tau gak topologi jaringan itu ada berapa ??
Topologi jaringan setauku ada 6 yaitu mesh, star, bus, tree, ring, dan wireless.


  • Topologi Jaringan Mesh
Topologi mesh adalah topologi yang tidak memiliki aturan dalam koneksi. Dan topologi ini relatif mahal karena tingkat kerumitan jaringan ini jika dioperasikan.


  • Topologi Jaringan Star
Disebut sebagai bintang karena dalam topologi ini terdapat satu sentral yang dibuat sebagai setral pusat, sehingga bentuknya mirip dengan bintang. Keuntungan dari topologi ini adalah topologi ini lebih sederhana dari topologi mesh sehingga dapat dikatakan bahwa topologi star relatif murah dan jika ada terminal lain yang rusak, ia tidak mengganggu terminal lainnya. Tetapi kekurangannya adalah sentral pusat akan sangat berat karena dialah yang menjadi sentral semua terminal sehingga jika terjad kerusakan, maka semua akan terpengaruh.



  • Topologi Jaringan Bus
Dalam topologi ini kita dapat menggambarkannya dengan logika yaitu sebuah kabel media transmisi dibentangkan dari ujung ke ujung, lalu dikedua ujungnya ditutup dengan tahanan listrik. Nah, kemudian beberapa terminal dihubungkan pada kabel tersebut. Keuntungan yang kita dapatkan dari topologi ini sama seperti yang kita dapatkan pada topologi star. Tetapi kerugiannya adalah jika kabel tiba-tiba putus, maka akan mengganggu terminal lainnya, selain itu jika kabel terlalu panjang dan banyak client yang menggunakannya maka akan mengganggu kecepatan komunikasi.


  • Topologi Jaringan Tree
Dikatakan pohon karena pada topologi jaringan ini, topologi ini becabang. Dimulai dengan server utama pada titik yang disebut headend dan kemudian dihubungkan dengan hub yang terhubung dengan server lainnya. Topologi ini disebut dengan pengembangan topologi jaringan bus. Topologi ini cocok digunakan untuk jaringan komputer karena jika salah satu kabel putus tidak mempengaruhi hubungan client lainnya. Tetapi kekurangannya masih ada yaitu, karena ia bercabang maka diperlukan cara yang rumit untuk mengirim data dari client satu ke client lain.






  • Topologi Jaringan Ring
Disebut sebagai cincin karena untuk menghubungkan terminal satu ke terminal lainnya dihubungkan dengan sebuah cincin yang berupa hub atau switch sehingga jalur transmisinya hanya satu arah. Keuntungan yang kita dapatkan adalah topologi jaringan ini sangat sederhana sehingga relatif murah. Tetapi kerugiannya adalah jika kerusakan terjadi pada salah satu terminal maka akan mengganggu terminal lainnya dan juga jika kita ingin menambah terminal baru, maka terminal baru harus dihubungkan dengan kedua terminal tetangganya, merepotkan sekali.


  • Topologi Jaringan Wireless
Topologi jaringan ini sangat diminati karena ia nirkabel sehingga relatif murah karena ia tidak menggunakan kabel lagi sebagai penghubung.

Tidak ada komentar: