MotivasiKu

Ayo Belajar Demi Masa Depan Cemerlang

Wanna Translate ??

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 29 Oktober 2012

Sumpah Pemuda


SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928



Itulah teks sumpah pemuda yang dinyatakan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang menjadi sejarah dan bukti bahwa pemuda Indonesia juga memiliki semangat dan rasa peduli terhadap negeri yang dicintainya. Semangat baru yang telah dibentuk ini dikobarkan oleh pemuda pada masa penjajahan Indonesia yang pada saat itu miskinnya rasa persatuan dan kesatuan karena kolonialisme Belanda.

Tetapi sekarang apa kita sebagai putra-putri bangsa sudah merasa kalau persatuan dan kesatuan tanah air ini suda sangat kokoh ? bagaimana dengan sikap nasionalisme dan patriotisme kita???

Tetapi sesuai kenyataan, pemuda jaman sekarang malah mencoreng dirinya sendiri sebagai generasi penerus dengan cara membuat dirinya tidak berguna dalam masyarakat seperti melanggar hukum dan agama. Jika ditanya alas an pasti ada beribu alas an yang dilontarkannya, padahal kalau ia seorang pemuda yang peduli pada tanah airnya, ia pasti akan memikirkan kedepannya jika ia melakukan hal tersebut. Tetapi ia malah hanya memikirkan kepentingannya sendiri dan berpikir pendek. Seharusnya mereka selalu melihat ke depan dengan segala kemampuannya dan berusaha untuk menjadi lebih baik di dalam masyarakat dan terlebih mengabdi pada agama dan bangsa.

Dapat saya nyatakan kalau saat ini untuk memperbaiki persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia masih belum terlambat. Karena itulah semangat dan jiwa sumpah pemuda kembali digelorakan. Alas an lainnya yaitu karena Indonesia menganut system demokrasi. Sistem demokrasi ini jika diikuti dengan benar akan sangat menguntungkan Bangsa Indonesia, tetapi di lain pihak, jika sistem demokrasi digunakan dengan tidak benar maka masa depan Indonesia ini akan menjadi suram karena pecahnya persatuan dan kesatuan Indonesia. Karena itu untuk memperbaiki ekonomi bangsa dan mensejahterakan rakyat Indonesia, mari kita gelorakan kembali semangat sumpah pemuda ! Bangkit dan Berjuanglah Putra-Putri Indonesia  …..!!!

Tidak ada komentar: